I do I Understand

I hear I forget, I see I know, I do I understand.


I



"Janganlah kamu mengenal dan mengikuti kebenaran karena tokohnya; tetapi kenalilah kebenaran itu sendiri, niscaya kamu akan mengetahui siapa tokohnya."
Ali bin Abi Thalib



Dan sesungguhnya Kami ciptakan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari jin dan manusia. Mereka mempunyai hati tapi tidak di pergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah), mempunyai mata tidak dipergunakan untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), mempunyai telinga tidak dipergunakan untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu seperti binatang ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.
(Al A'raf:179)

Betapa besar hikmah yang kita dapatkan dari ketiga aksi yang dilakukan oleh manusia ( mendengar, melihat, melakukan). Jika kita hanya mendengar, tentu kita akan lupa. Jika kita hanya melihat, maka kita akan tau. Dan jika kita melakukannya, insyaalloh kita akan mengerti apa makna atau arti dari sesuatu.

Seorang psikolog komunikasi, Jalaluddin Rakhmat Msc mengatakan bahwa, seorang muslim di tuntut harus bertindak secara sadar, yaitu dengan menggunakan seluruh kemampuan/ potensi intelektualnya. Karena itu Al-Qur'an bertanya : "Katakan apakah sama orang yang buta dan orang yang melihat? Tidakkah mereka berpikir?" (Al An'am:50) 

Lalu seorang pemikir islam, cendikiawan sekaligus budayawan Dr. Nurcholish Madjid Alm. yang akrab disapa Cak Nur mengatakan bahwa, Al Qur'an dari waktu ke waktu menggugat manusia untuk berpikir, merenung dan menggunakan akalnya. Berpikir adalah sebagian dari petunjuk Allah ke arah iman kepada-Nya. Allah memuji mereka yang berjiwa terbuka, suka mendengarkan pendapat orang lain, kemudian mengikuti mana yang terbaik dari pendapat itu, yaitu setelah melalui kegitan berpikir dan pemeriksaan serta pemahamn yang kritis dan teliti.

Sumber : http://www.goodreads.com/book/show/2664782.Bahan_Renungan_Kalbu

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment