The Inspiring Book from Mr Handono ( my lecturer of finance management)


Wow.. I think this book is able to give a great motivation for us for living, not only in the world but also in everlasting life.

Judul bukunya Saleh Yang Salah. Ini adalah buah karya dari seorang Dosen Manajemen Keuangan, tetapi dalam buku ini beliau tidak membahas tentang seluk belu Manajemen keuangan (struktur modal, leverage, laba perusahaan, atau hubungan harga saham dan kekayaan pemegang saham). Buku ini mengangkat pemahaman tentang kesalehan yang tak berbatas pada kesalehan pribadi, namun saleh juga berkaitan dengan kesalehan umat.
Disini kita termenung, men-slow motion-kan keadaan, berpikir dan kembali meraba hati kita. Teradang kita tak berpikir sejauh ini dalam hidup, terkadang kita begitu acuh dengan berbagai kenyataan di depan mata, terkadang kita pura-pura tak melihat adanya sebuah ketidakadilan dalam hidup seperti jurang sosial yang terlalu ironis anatar si miskin dan si kaya, dan sering kali kita tak peduli dengan semua itu. Padahal Allah telah menjanjikan sesuatu yang sangat indah jika kita mampu melihat hal-hal demikian tadi secara jelas dan berusaha untuk mengubah keadaan diri dari 'tidak sadar' menjadi 'benar-benar sadar', membuka mata lebar-lebar, membuka hati dan pikiran untuk membuat pribadi ini lebih baik sekaligus mengangkat derajat umat (muslim) yang berada di sekitar kita.

Semua bab nya mengingatkan kita betapa pentingnya hal-hal kecil hingga hal-hal besar dalam kehidupan seoran muslim. Karena tidak ada satu hal pun yang bisa di remehkan dalam sebuah kehidupan. Baik dalam hubungan kita dengan sesama manusia, ataupun hubungan kita dengan Sang Illahi.
Islam mengajarkan kita untuk selalu menata hati, mensucikan jiwa, melawan nafsu dunia dan selalu ingat akan adanya akhirat. Semua hal yang dilakukan di bumi ini akan di minta pertanggungjawabannya kelak. Dunia adalah ladang untuk menghimpun amal dan kekuatan agar kita termasuk dalam hamba Alloh yang di ridhoiNya. Amiin Yaa Rabb..
Begitulah islam, rahmatan lil 'alamin.
Selain mengingatkan kita tentang bagaimana cara menata pribadi sendiri, islam juga menyadarkan kita tentang 'kepedulian', kepedulian terhadap sesama, khusnya kepada kaum muslimin. Kita merasa begitu harus 'melakukan' sesuatu jika keadaan umat sudah sangat memprihatinkan, kemiskinan yang tak terperi, ataupun kisah-kisah ketidakadilan hingga HAM pun dirasa bukan hal yang tepat untuk menyuarakan hak-hak manusia yang terinjak-injak. Maka, siapa lagi yang harus bertindak selain kita sebagai saudara kaum muslimin.

Sekiranya begitulah sedikit gambaran yang bisa saya deskripsikan setelah membaca buku ini. Manusia terkadang memang sering lupa, tapi ingat Tuhan tak pernah lupa. Manusia memang sering berdosa, tapi ingat Tuhan Maha pengampun dosa-dosa. Semoga kita dapat terus berjuang sebaik mungkin untuk melakukan yang terbaik dan pikiran kita tak tertutup dengan pemikiran yang dangkal seta hati kita selalu ada dalam keadaan suci dan selalu mengingat Alloh SWT kapanpun dimanapun. Amiin..

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment