Bagaimana Cara Membaca Buku dengan Cerdas ?


Buku adalah jendela dunia. Membaca buku, menikmati buku, dan melahap buku adalah kenikmatan tersendiri bagi sebagian orang. Buku mampu memberikan pengaruh yang besar bagi cara pandang dan cara berpikir seseorang, sehingga kita perlu mengetahui dan memahami cara membaca yang baik dan cerdas.

Jadi, gimana ya caranya biar kita bisa membaca buku secara baik dan cerdas?


Yang pertama, kita harus berminat terlebih dahulu untuk membaca secara baik dan cerdas. Lalu, kita harus membuka diri sendiri untuk tidak membatasi apa yang ingin kita baca. Jangan pedulikan apakah buku tersebut buku yang cerdas atau tidak, yang berkualitas atau tidak, yang terpuji atau tidak.Selanjutnya, pilahlah buku-buku yang telah kita baca tersebut ke dalam dua kategori atau dua macam buku seperti di atas. Terhadap buku-buku yang kelihatan "berat", kita harus berupaya tidak memaksakan diri untuk membacanya sekali atau dua kali. Perlu beberapa kali dalam membacanya.Jangan pernah bosan ketika membaca buku, jika pun kita disergap rasa malas, biarkan diri kita untuk beristirahat sebentar dari membaca buku. tetapi jangan terlalu lama, sebab semakin lama kita meninggalkan buku, semakin disergap saja kita oleh rasa malas.Yakinilah bahwa buku yang kita baca tidak hanya bersifat informatif saja atau menghibur saja. Kita harus berupaya menimbang baik-buruk, cerdas-nggak cerdas, menarik-nggak menarik dari buku tersebut, utamanya tentang jenis hurufnya, gaya penyampaian kata dan kalimatnya, dan seterusnya.Dan yang terakhir, tulislah poin-poin yang kita anggap penting dan perlu dari buku tersebut.Menarik kan? Ayo coba kita praktikan..

Semoga apa yang kita lihat, apa yang kita baca menjadi sumber yang bisa memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan kita dan kehidupan masyarakat di sekitar kita.
Pemikiran kita merupakan sumbangsih yang sangat diharapakan untuk suatu perubahan yang lebih baik.

Sumber : Quu Anfusakum Wa Ahliikum Naara

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments: