Jangan marah, maka bagimu surga



Seringkali kita mencari berbagai cara mengatasi anak tantrum, tetapi lupa bagaimana caranya agar ibu tidak ‘tantrum’ saat menghadapi anak.

Padahal perasaan anak seringkali mewakili perasaan ibu. Ketidakberesan anak seringkali mencerminkan betapa kacaunya ibu di hari itu.

Suatu malam ketika mendapati anak sedang tertidur pulas, rasa sesal pun datang. Kita begitu kesal pada anak yang tidak menghabiskan makanannya.

Kita begitu marah pada anak yang menangis karena tidak tercapai keinginannya. Kita sudah begitu emosi pada kepolosan dan ketidaktahuan mereka.

Dan lagi-lagi kita menyalahkan masa lalu yang dibungkus dengan kata ‘innerchild’. Kita merasa sulit mengontrol emosi hanya karena dahulu mendapat didikan yang keras dari orang tua.

Padahal kita selalu berjanji pada diri sendiri akan menumbuhkan bibit kesabaran pada anak-anak. Agar kelak mereka menjadi pribadi yang kuat dan mampu menahan diri.

Terkadang memang pundak kita terasa berat ya, Bu. Entah dengan berbagai kegiatan fisik yang menguras tenaga atau dengan berbagai masalah yang menguasai pikiran dan dada.

Cukup putuskan sejenak mata rantainya agar hati kembali menyala dan berbinar-binar membersamai mereka. Tak perlu menguras tenaga dengan nasihat panjang kali lebar namun pada akhirnya tidak dipahami oleh ananda. Tak perlu memaki untuk menasihati, bukankah kita juga tak pernah suka jika dianggap sebelah mata?

Jangan lagi menjadikan ‘innerchild’ sebagai tameng yang meloloskan kita pada membentak dan melukai hati anak-anak. Jangan lagi menjadikan kurangnya ‘me time’ menjadikan kita sosok yang ditakuti orang-orang yang kita sayangi.

“Jangan marah, maka bagimu surga.”
Jika menahan marah sangat mudah tentulah bukan surga ganjarannya. Maka berusalah walau harus bersusah payah.

Dari seorang ibu yang masih sering marah :(😭
~Siti Rahmi

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment