GAME LEVEL 2 - Tantangan 10 hari Melatih Kemandirian Anak

@utamistr || #mamahiranotes

Kuliah Bunda Sayang IIP ini memang rasanya paaas banget. Di usia Mahira yang akan menginjak dua tahun, ada beberapa target kemandirian yang ingin di capai. Diantaranya menyapih dan toilet training. Tapi kedua target itu betul-betul harus prepare banget dan butuh kesiapan fisik juga mental dari Mahira juga saya dan suami sebagai orang tuanya.

Intinya harus siap anak akan lebih rewel, misalnya di awal-awal proses menyapih. Bayangkan saja, dua tahun begitu nyaman dan nikmatnya menyusu, sekarang kenyamanan dan kenikmatan itu harus berakhir. Saya juga harus siap karena bagi ibu pun menyusui punya kenikmatan tersendiri. Menyusui itu dapat menenangkan batin ibu, karena anak jika sedang disusui itu biasanya lebih tenang. Perasaan ibu pun jadi ikut tenang.

Nah kalau toilet training, ya harus siap kalau sewaktu-waktu anak ngompol dan membasahi kasur, kursi, lantai, dll karena dia gak pakai diapers. Namanya juga toilet training, jadi mesti lepas diapers kan? Orang tua harus sabar juga kan kalau misal rumah jadi agak bau pesing (oomygod). Dalam toilet training pun kita gak boleh marah-marah kalau anak belum lulus atau masih ngompol. Teorinya sih mereka akan lulus jika memang mental fisik mereka sudah siap, tentu dengan latihan-latihan BAB dan BAK di kamar mandi tersebut.

Tarik nafas dulu...
Inhale Exhale... fiuuuhhh...


Jadi, untuk games bunda sayang level 2 ini saya akan menargetkan kemandirian di luar dua hal tadi terlebih dahulu. Menyapih dan toilet training yang penting ini akan ditunda hingga Mahira genap dua tahun dulu.

Checklist kemandirian Mahira (One Week One Skill) :

1. Tertib Makan dan Minum Sendiri
Latihan mengambil nasi, lauk pauk, juga menuangkan air dari dispenser ke gelas sendiri. Lalu makan di meja makan sendiri. Makannya boleh pakai sendok atau tangan, sesuai jenis makanan. Soalnya kita urang sunda euy, nikmat kok makan pakai tangan sesekali mah. Sebelum dan sesudah makan dibiasakan berdoa dan mencuci tangan. Setelah selesai makan, piring dan gelas di taruh di bak cuci piring.

2. Memakai Sendal atau Sepatu Sendiri
Nah yang ini mungkin akan agak sulit dari yang pertama karena baru dilatih banget. Kita juga jarang keluar sih jadi ya latihannya pas mau keluar rumah aja kayaknya. Sepatunya masih yang perepet, belum yang tali. Next mungkin diajari buat menali sepatu.

3. Membereskan dan Merapikan Ruangan Setelah Main
Hal ini pasti sering dilakukan mengingat bermain kan setiap hari. Yang harus dilakukan yaitu, membereskan mainannya dan buku-buku yang sudah dibaca ke dalam lemari, menyapu bekas snack/kotoran yang ada di lantai setelah bermain, membuang sampah-sampah bekas main pada tempatnya, mengelap jika ada yang basah, merapikan bantal kursi dan menggulung karpet.

4. Mandi, Memakai Baju dan Celana Sendiri
Sebetulnya yang ini Mahira memang sudah inisiatif melakukannya sendiri tetapi masih kesulitan. Perlu terus latihan. Skill ini dimulai dari masuk ke kamar mandi, membuka baju, celana, kemudian diapers, menyiram air ke badannya lalu memakai sabun, menggosok gigi, memakai handuk, dan keluar kamar mandi ia mengoleskan minyak telon, bedak, lalu memakai diapers,baju dan celana sendiri. Hal ini juga bisa di latih setiap hari.

Bismillah..... Mudah-mudahan selama satu bulan ini, keempat target tersebut tercapai dengan cara membahagiakan tanpa ada keterpaksaan dari kami trainernya sebagai orangtuanya maupun Mahira sebagai trainee yang dilatih.

Nak, rasa sayang tak harus berwujud dengan sikap kami yang selalu melayani. Bekal untuk menjadikan dirimu mandiri sudah dimulai sejak kamu bayi. Semoga Mahira dan adik-adik kelak menjadi anak-anak mandiri yang bertanggungjawab ya :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment