Games #Level4 #Day1 'Gaya Belajar Anak'

Hari ke- 1
Aktivitas : Mengamati kolam ikan dan burung
Gaya Belajar: Kinestetik

***
Pilihan saya jatuh ke kolam ikan di rumah Enin Tasikmalaya sebagai media pembelajaran di hari pertama untuk mengamati gaya belajar Mahira. Mumpung lagi liburan ke Tasik nih jadi kita manfaatkan suasana yang ada disini. Tak disangka anak ini beneran jatuh ke kolam, nyemplung sudah. Dia terlalu antusias mengamati ikan-ikan di kolam sehingga tubuhnya terlalu condong ke depan dan tak mampu ia tahan. Byurr!! Basah semua. 


Saya terkejut karena ternyata dia tidak menangis. Dia hanya bilang, "Mah basah mah, Ina jatuh ke kolam. Ganti baju, Mah.", katanya.
Mungkin karena dia sadar, dia terjatuh karena ulahnya sendiri :-p

***





Mahira selalu senang mengamati berbagai jenis hewan termasuk ikan. ia berkali-kali memasukan tangannya ke kolam lalu menabur makanan ikan sedikit demi sedikit. Sambil mengamati ikan, dia juga memang senang main air. Dari pengamatan ini dia jadi tau kalau:

-Ikan itu berenang di air, berwarna merah dan besar
-Badan ikan licin dan dingin
-Makanan ikan itu berbetuk bulat kecil-kecil, walaupun dia suka makan nasi juga
-Air kolam ikan itu dingin dan kotor
-Jumlah ikan ada banyak, dia bisa hitung 1 s/d 10 


Selain mengamati ikan, pagi itu juga dia mengamati burung. Ah burung apa ya namanya :-(
Dia tertawa geli ketika menyentuh burung tersebut karena burungnya ikut bergerak-gerak. Setelah mengamati burung, Mahira tau kalau:

-Burung punya sayap dan bisa terbang
-Burung jenis ini punya bulu warna warni
-Burung punya paruh dan kakinya ada 2

Kesimpulannya, gaya belajar/stimulasi kali ini bisa digolongkan ke dalam gaya belajar 'kinestetik' yaitu melakukan pengamatan dengan eksplorasi dan didominasi gerakan tubuh.

#Tantangan10Hari
#Day1
#Level4
#GayaBelajarAnak
#KuliahBunsayIIP

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment