Menikah?

Pernikahan adalah moment yang sakral dan pada umumnya selalu ditunggu-tunggu oleh setiap wanita. Ada pernikahan, berarti ada tujuan kan?
Terkadang orang diluar sana dengan mudahnya berceletuk, “Kapan menikah? “atau yang lebih parah, “Masih single aja nih? Gak laku?”. Memang pada kenyataannya tidak selalu separah itu, namun terkadang lebih parah dari itu.
Tenang nduk. Jangan cepat meledak dan terbawa emosi. Karena pernikahan itu perlu persiapan yang baik seperti layaknya atlit marathon yang akan mengikuti Sea Games. Berulang kali dilatih, ditempa, dan dihantam berbagai rintangan. Tapi pada akhirnya,semua yg berniat baik akan berujung baik.

JUST-MARRIED-HEART-600x450

Pernikahan seperti perjalanan panjang yang harus dipersiapkan dengan sekuat-kuatnya keyakinan dan keinginan meraih tujuan hakiki. Sebagai muslim, tentu tujuan dalam hidup ini adalah untuk beribadah kepada Tuhan Semesta alam, Allah SWT. Persiapan yang baik bukan berarti persiapan yang dilama-lamakan, dipesulit atau sebaliknya. Ada saatnya ketika hati terbuka, kedua telapak tangan terus menengadah seraya memohon, dan saat itu juga jodohmu datang :)

Materi dan fisik adalah hal yang penting dalam menuju pernikahan. Namun persiapan mental juga tidak kalah pentingnya. Mental seperti apa? Tentu saja mental untuk membangun keluarga yang sakinah mawadah warohmah sesuai tuntunan Rasululloh SAW. Mental menjadi istri yang hebat yang dengan kesungguhan bersama-sama meniti hidup yang lebih berat tantangannya bersama sang suami. Menjadi ibu yang berkualitas yang dengan komitmennya mendidik anak sehingga kehadiran anak tersebut menambah bobot bumi ini dengan kalimat ‘laa ilaahaillalloh’, tiada tuhan selain Allah.

Menjadi istri yang hebat adalah dengan mencoba sedikit demi sedikit meninggalkan kebiasan buruknya seperti tidur lagi setelah subuh,malas beres-beres, malas melayani suami, selalu menuntut suami, mudah meledak emosinya, tidak sabaran, kurang pandai bersyukur, kurang pintar menjaga hati suami (baik dalam ucapan maupun perbuatan), kurang jago memasak, dan lain sebagainya. Secara bertahap kebiasaan tersebut haruslah dibangun mulai dari sekarang. Mulai dari ada niatan untuk menikah. Mulai dari hal terkecil.

dilema-muslimah

Begitu juga seorang ibu. Ibu yang berkualitas adalah ibu yang ikhtiar dan niatnya kuat untuk membesarkan buah hatinya dengan penuh kasih sayang dan kesabaran. Hal-hal yang dapat dilatih dari sekarang adalah pandai mengurusi segala aktivitas rumah tangga, bukan berarti kita berlatih menjadi pembantu melainkan agar kita terbiasa dalam menangani masalah rumah tangga dan dapat mengajari pembantu dengan baik ketika kita menyuruhnya. Selain itu, pandai dalam berkata-kata dan berkomunikasi. Kata-kata yang keluar dari mulut seseorang adalah tampilan dari hatinya. Seperti teko yang berisi teh, jika dikeluarkan maka keluarlah teh itu dan jika berisi kopi maka keluarlah kopi itu. Begitu juga dengan ucapan manusia. Anak akan lebih mengerti jika kita mengajarkan dengan lembut dibandingkan dengan membentaknya atau menghardiknya.

Perbanyaklah bersedekah agar nanti kita lebih mudah mengajrkan anak-anak untuk berbagi. Wanita atau seorang ibu dalam rumah tangga berperan sangat besar bagi keluarganya. Karena mereka adalah ratu yang seringkali dimintai pendaatnya oleh suami dan anak-anak. Wanita harus cerdas, selalu berfikir positif, pandai berkomunikasi, pintar memasak, taat dan selalu sabar dalam menghadapi kehidupan.

Itulah yang harus dipersiapkan secara mental bagi para wanita yang nantinya memasuki gerbang pernikahan yang insya allah diberkahi. Untuk hal fisik tentunya wanita harus senantiasa menjaga kesehatan. Banyak artikel atau kebiasaan yang kita dapat pelajari agar fisik selalu sehat dan memancarkan aura positif. Dan untuk persiapan materi tentunya akan dibahas lebih lanjut pada kesempatan lain.

Semangat ya para calon bidadari surga
Aamiin Ya Rabbal’alamiin…

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment