Sederhana Namun Bermakna

Hari ini sepulang kuliah sambil beristirahat saya melihat acara Manusia Indonesia di TVone. Episode kali ini membahas tentang seseorang yang 'Sederhana Namun Bermakna' seperti judul yang terlintas di benak saya tadi. hehe..

Sebut saja Pak Andi. Beliau sederhana karena kehidupannya memang sederhana. Cara berpenampilan dan ucapannya pun sederhana. Namun bermakna, karena beliau mempunyai ide, harapan, dan hati yang luar biasa. Singkat ceritanya berdirilah 'Rumah Matahari' di daerah bilangan Bekasi tempat anak jalanan berkumpul untuk kegiatan yang bersifat edukatif seperti membaca, menulis, beribadah, bermain, dan kegiatan serupa lainnya (jadi terharu sekaligus terinspirasi melihatnya).


Pak Andi bercerita, kehidupannya dulu juga tak semulus jalan tol. Untuk membiayaai pendidikannya, beliau sempat mengamen di jalanan karena baginya pendidikan itu sangat berarti. Terinspirasi dari pengalamannya sendiri, beliau bertekad untuk selalu memberikan motivasi dan bantuan semampunya bagi anak-anak jalanan di sekitarnya. Pak Andi mendekati anak jalanan secara personal selama kurang lebih 2 tahun untuk membuat anak-anak jalanan itu tidak ragu padanya. Beliau rela tidur di kolong jembatan saat itu, karena menurutnya sangat sulit anak-anak jalanan itu bisa berbaur dengan orang baru yang hanya sekilas mengenal mereka.
Dengan keberanian dan kekuatan tekad, maka ia melancarkan tujuannya dengan mendirikan 'Rumah Matahari' tersebut dan menghimpun anak-anak jalanan tersebut.

Alhamdulillah.. semua pengorbanannya tidak sia-sia. Hal luar biasa yang dilakukannya itu mulai menunjukan lampu-lampu positif. Banyak sekali anak jalanan yang termotivasi untuk melanjutkan pendidikan formalnya ataupun dilatih untuk menjadi wiraswasta. Mereka juga rata-rata mengerti betul akan tuntutan kehidupan dan mulai mengaktualisasikan diri mereka secara bertahap ke arah yang lebih baik.

Menurutnya, rumah matahari seperti MLM kebaikan. Setiap anak jalanan yang memberikan kebaikan bagi sesamanya secara terus menerus akan mendapat kebaikan yang berlipat ganda. Apa yang dikatakan Pak Andi secara jelas dan tegas juga di sampaikan oleh Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang dalam Al-Qur'an :

” Sungguh, Allah tidak akan menzalimi seseorang walaupun seberat zarrah, dan jika ada kebaikan (sekecil zarrah), niscaya Allah akan melipatgandakannya dan memberikan pahala yang besar disisi-Nya. “(Qs. An-Nisa’ : 4)


Semoga tulisan ini menjadi inspirasi bagi kawan-kawan semua yang sedang berlomba-lomba dalam kebaikan. Aamiin... :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment