The Pursuit of Happiness

Assalamu'alaikum..
Shabahul khoir. Kaifa asbahta?

Alhamdulillah di Jum'at pagi ini kita masih diberi kesehatan lahir dan bathin oleh Allah, kesempatan untuk terus meraih kebahagian yang hakiki yang telah Allah janjikan untuk kita semua, serta nikmat yang terus mengalir dalam kehidupan kita. Mari lebih bersyukur, kawan. Karena dengan kesyukuran kita tentu kita akan senantiasa mengingatNya dan berbuat kebaikan di setiap detik kehidupan kita. Amiin..

a cup of coffee  + love = could be a happiness :)
Anyway, "The Pursuit of Happyness" itu judul film yang menginspirasi saya saat berfikir tentang kebahagiaan. Walaupun ceritanya jauh banget sama kehidupan saya dan mungkin banyak hal-hal berbeda dalam pencapaiannya, tapi maknanya sama yaitu tentang mengejar atau mencapai kebahagian.
Kalau soal kebahagian pasti setiap orang ingin sekali mendapatkannya. Sudahkah kawan-kawan mendapatkan kebahagian itu? Oke, pasti masing-masing pribadi juga punya definisi sendiri-sendiri tentang kebahagiaan. Secara sadar atau tidak sadar, sebenarnya saat kita pertama lahir itu kita sudah di beri kebahagiaan oleh Yang Maha Kuasa. Bukan hanya bayi-bayi yang lahir dari kalangan atas saja (mampu), bahkan bayi-bayi kecil dari kalangan yang kurang mampu pun mendapatkan kebahagiaan itu. Manusia yang baru muncul ke bumi ini telah di anugrahi kesempatan untuk terus mencari kebenaran dan meraih kebahagiaan yang hakiki seperti yang telah saya katakan sebelumnya.

Kesempurnaan hidup memang tidak serta merta ada seiring dengan keinginan kita untuk meraihnya. Namun di balik itu semua tersimpan banyaaaak sekali hikmah sehingga ketika kita berpikir, kita temukan makna yang berarti didalamnya. Simplenya kita lihat diri kita sendiri, kalau perlu ambil kaca. hehehe.. Tubuh kita lengkap tanpa kekurangan suatu apapun. Kita bisa melihat, mendengar, mencium bau-bauan, berbicara, merasakan benda-benda disekitar, berjalan dan berlari dengan kaki kita, dan lain sebagainya.
Let's see our surroundings.. We have a great family who love us very much. Ayah dan ibu kita yang senantiasa mendo'akan kita agar kita menjadi anak yang baik. Kakak, adik, atau saudara-saudara yang terus mendukung kita saat kita membutuhkan semangat. Sahabat, kawan-kawan dekat, guru-guru atau dosen-dosen kita, dan orang-orang yang menyayangi kita. Taukah kawan, itu semua adalah wujud cinta Allah SWT kepada kita semua? Dia memberikan apa yang kita butuhkan baik yang di minta dan yang belum di minta. Dan kita yakini itu sebagai rencana yang indah. God always know what is the best for us :)

Allah said in the holly Qur'an Ar-rahman:16,
Maka, nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Sudah merasa lebih bahagia, kawan?
The shape of our gratefulness could be doing what we've to do. So what we've to do, my dear friends?
First, lets express your gratefulness by saying Alhamdulillah ( praise be to Allah). Dan sesudah itu, kita terapkan rasa syukur tersebut dalam perbuatan-perbuatan yang di senangi Tuhan kita. Coba perhatikan setelahnya, you'll see the positive way. Then you'll find the meaning of happiness.
Yes, mungkin terkadang hal itu sulit terjadi jika memang kita pribadi yang belum membuka hati. Human being's ever done something wrong, something error and unexpected things ( include me, saudara-saudara). So that, let's open mind and open heart.

Maybe I can't explain very detail what the things that could bring you into the happiness. Let's share my thought and let it be a renovation for your buildings of mind. hehehe..

1. Definisikan arti kebahagian menurut kawan-kawan semua ( ingat, in positive way ya?). That couldn't be in negative way such as drunk, free life, something which destroy yourself, wrong sacrifice and something like that.
Misalkan, kamu dan  saya akan merasa bahagia sekali jika mempunyai kedekatan yang luar biasa dengan Tuhan dan bisa terus konsisten dalam beribadah. Lalu kamu dan saya merasa bahagia jika bisa memberi kepada sesama, baik itu materi ataupun non-materi. Kamu dan saya merasa bahagia jika bisa mengerjakan tugas atau ujian kuliah dengan baik atau kamu dan saya merasa bahagia jika bisa memperlakukan keluarga dan orang-orang di sekitar dengan penuh rasa cinta dan kasih sayang.
Nah udah dapet gambarannya kan? Jadikan itu tujuan kebahagian. In that way, kita jadi lebih fokus dengan apa yang harus kita lakukan.

2. After knowing better what are the things that have to focused on, kita coba praktikan hal-hal yang bisa mencapai tujuan-tujuan tersebut dalam hidup kita ( ingat, in positive way ya?). Tujuannya positif, cara meraihnya juga harus positif. Misalnya kalau mau mengerjakan ujian ya harus tetap belajar dan menghindari cheating saat ujian berlangsung. Intinya kita ikhlas dalam berniat, saat melakukan, dan sesudah melakukannya. Insyaalloh hasil terbaik akan teraih. Niat itu penting loh. Jadi kalau mau mengerjakan sesuatu, kita sama-sama belajar yuk buat meluruskan niat agar nilai kita bukan cuma di hasil aja tapi juga saat kita niat dan  saat kita mengerjakannya. So, hal-hal yang kita lakukan itu lebih daleeeem maknanya (cieee..)

3. Berfokuslah pada hal-hal yang kita miliki atau lebih tepatnya hal-hal yang di amanahkan Allah kepada kita, sehingga lebih bisa bersyukur. Manusia itu unique, masing-masing punya kondisi yang berbeda. Bukan berarti jika kita bisa seperti si A yang cantik kita bisa lebih bahagia atau bukan berarti jika kita bisa seperti B yang kaya dan famous kita bisa lebih senang. Diri kita mempunyai sesuatu yang mungkin belum tentu orang lain miliki. Misalnya, kita lebih bisa menahan diri di saat orang lain ke salon atau shopping dan kita mempunyai keluarga dan sahabat-sahabat yang begitu memperhatikan kita.

Well, semoga tulisan saya ini bisa bermanfaat ya. Memang teori itu lebih mudah di ucapkan, dan terkadang prakteknya masih sulit dilakukan. It also happened to me. Tetapi yakinlah, setelah kesulitan itu ada kemudahan dan barang siapa yang sungguh-sungguh maka ia akan berhasil.

Let's pursuing our happiness by having a good intention and by doing it in a positive way.
Berbahagialah,  God loves you :)

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment