Cara Agar Ibu punya Energi untuk Produktif

Pic by Canva


Jadi ibu yang lebih produktif dan bisa mengerjakan berbagai hal adalah sebuah pencapaian tersendiri, bukan? 

Apalagi kalau dia juga masih punya waktu dan energi untuk melakukan hobi dan aktivitas yang disenangi, seperti menulis atau berkebun misalnya. Kalau kamu punya hobi apa, Bu? 

Kerjaan di rumah atau kantor beres, urusan anak-anak tuntas, quality time dengan suami juga oke, tapi tetep happy karena bisa ngelakuin passion. Siapa yang nggak mau? 

Tapi seringnya ketika mau melakukan hal-hal produktif yang menyenangkan diri, badan rasanya lelah maunya rebahan dan drakoran. Nggak salah sih, tapi rasanya perlu waktu juga untuk upgrade diri supaya kebutuhan ibu untuk aktualisasi diri dan self-esteemnya terpenuhi. Setuju, kan? 

Aku mau kasih tau caranya ya. Ini adalah rangkuman pengetahuanku setelah ikut course 'Digital Freedom' Menatar Bawah Sadar, juga beberapa kutipan dari buku pengembangan diri Atomic Habits. Kalian bisa langsung klik aja linknya disitu. 


Oke, yang pertama harus kita lakukan adalah:

1. Pastikan kebutuhan dasarmu sudah terpenuhi di pagi hari seperti beribadah solat subuh, do'a dan dzikir pagi, kajian, berolahraga atau berjemur lalu lanjut mandi dan sarapan. 

Kalau kamu masih kesulitan untuk melakukan hal itu, coba mulai bangun habits untuk bangun pagi dimulai dengan satu perubahan kecil, misalnya stop buka handphone jam 8 malam dan tidur jam 9 atau 10 malam. 

Bisa ditambah journaling atau bikin to do list di hari itu mau ngapain aja. Pagi hari adalah waktu kamu isi baterai sampai penuh supaya punya energi yang banyak untuk menghadapi hari. Udah pada tahu kan keberkahan bangun subuh itu nggak main-main. 

2. Lakukan pekerjaan yang paling sulit atau berat di awal waktu atau di waktu-waktu kamu ngerasa bisa produktif banget dan bisa optimal ngerjainnya. Kamu pasti tahu, kapan waktunya. Kalau belum tahu bisa melakukan trial and error untuk menentukan waktunya. 

3. Selingi pekerjaan yang sulit dengan aktivitas yang menyenangkan dan mengisi energi kamu lagi, misal sambil minum kopi atau smoothies. Atau kamu suka matcha latte? 

Contohnya kamu gak begitu suka beberes tapi ini tugas yang harus kamu lakukan dan belum bisa didelegasikan ke orang lain. Coba beberes sambil melakukan hal yang kamu senangi. Misalnya, setelah nyapu bisa duduk dulu nyeruput kopi sebelum melanjutkan ngepel lantai.

Kamu juga bisa beberes sambil dengerin podcast yang menginspirasi, kajian ustadz/ustadzah yang isi kajiannya selalu masuk ke hati atau murrotal dari qori yang kamu senangi bacaanya Qur'annya. 

4. Setelah pekerjaan yang terasa berat, jeda dulu untuk mengistirahatkan diri. Bisa dengan tidur sebentar, mandi atau sekedar minum teh dan makan cemilan. Sehingga saat akan melakukan pekerjaan lain, tubuh sudah merasa nyaman dan bersemangat kembali. 

Sesimpel kamu mandi air dingin untuk bersiap ke aktivitas lain atau mandi air hangat dan tidur sejenak untuk mengistirahtkan tubuh kamu agar energinya penuh lagi. 

Jadi pola yang dipakai saat beraktivitas adalah menerima (memberi diri) - memberi - menerima - memberi - dan seterusnya. 

Saat fisik dan mental sudah dipakai untuk memberi maka wajib direfill lagi dengan aktivitas yang booster energi kamu seperti kegiatan self-care tadi.

Aku juga bahas soal self-care di story Instagram aku, @mamahira.id. Silakan kamu visit kesana kalau mau baca. Ini tuh beneran bisa bantu ibu-ibu yang banyak agendanya untuk tetap waras. 

Dan satu hal lagi, kewajiban ibu atau perempuan setelah menikah itu memang banyak tapi bukan berarti kamu nggak boleh delegasikan ke orang lain untuk beberapa aktivitas yang kamu rasa bisa didelegasikan. Ingat Bu, nggak semua hal harus kamu lakuin sendirian. Kalau rasa lelah dilawan akibatnya nggak main-main. Kamu bisa overfunctioning yang berakhir burnout dan bikin kamu super lelah fisik dan mental. Semoga nggak ya, Bu? 

Tertarik buat cobain tips ini? 
Kalau Ibu punya tips lain buat ngadepin hari-hari yang berat? Share di kolom komentar yaa :) 

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment