Gloomy Day : Man vs Woman


Dari kejadian ini saya menyadari bahwa laki-laki dan perempuan itu dipasangkan untuk saling melengkapi, untuk menutupi kekurangan pasangannya, untuk tugas yang amat mulia.Tinggal keduanya saling memahami dan menghormati lalu melakukan apa yang seharusnya dilakukan tadi. Nah tantangannya disitu, terkadang ada rasa ego, ingin menang sendiri, ngerasa bener sendiri, ngerasa yang paling cape dan menderita


Sebenernya cuma mau cerita tentang sabtu sore minggu kemarin. Sabtu sore yang penuh emosi dan kebetean (moody banget) hikshiks..
Sabtu siang suami saya ngajakin kondangan temen kantornya. Lokasinya di Bekasi. Kata beliau, kalau diundang tuh mesti ngusahain dateng. Itu sunah. Sebagai istri yang baik saya manggut-manggut aja. Ayok lah ke Bekasi, paling setengah jam kan? *dalam hati*. Akhirnya kondangan lah sama suami dan baby tanpa bawa gembolan seperti biasanya. Gembolan itu lho yang isinya diapers, tisu kering+basah, bedak+telon, baju ganti, dan sejenisnya. Minum pun gak bawa karena mikirnya nanti dikondangan juga makan minum. Mahira masih ngASI juga jadi gampang lah. Kupikir begitu.

Suami : “Nanti kita berangkat jam setengah satu siang ya. Jam satu lah udah nyampe.”
Saya : “Iya. Gih siap-siap duluan. Mau nyuapin dulu Mahira takut keburu laper.”

Habis beres nyuapin anak eh si Bapak masih leyeh-leyeh santei-santei mainin handphone di kamar.

Saya : “Koq belum siap-siap?”
Suami : “Iya ini mau. Aku kan cepet siap-siapnya.” sahutnya masih sambil pegang gadget.
Saya : “Yaudah aku duluan mau sholat dulu.”

Habis saya shalat dan gantiin baju anak, suami pun ngeloyor ke kamar mandi. Sesaat kemudian dia udah siap. Saya juga udah, tapi si anak minta mimik jadi kerudung berantakan lagi. Dirapiin lagi.

Suami : “Yank masih lama gak? Udah jam setengah 2 nih.”
Saya : “Iya udah.”

Ya begitulah mau kondangan aja rempong yak buibu satu inih. Suami udah pesen uber ternyata, biar nanti kalau pulangnya juga bisa pakai mas mas uber itu lagi. Baru beberapa menit kok rasanya mual banget. Mahira gak bisa diem jadi ikutan pusing. Okey dan benar saja MACET. Untung si anak bisa di ajak kompromi, dia tidur pules sampai Bekasi. Kami juga sama ketiduran saking macet dan cuaca hujan. Ngantuuuk…

Pas bangun belum nyampe juga, perut udah keroncongan karena tadi di rumah cuma makan mi instan biar ganjel aja. Bener-bener nyiapin buat makan di kondangan yak pasangan satu inih (buka kartu). Yang dipikiran saat itu cuma satu, BASO. Cuma kata suami saya nanti aja bentar lagi nyampe. Duh gak kuat mana pusing bener pengen yang pedes-pedes berkuah. Wkwkwk…

Akhirnya sampai lah di tempat tujuan dengan nyasar-nyasar juga, untung gak kejauhan dan si uber mau nunggu setelah di nego. Alhamdulillah, perasaan jadi baikan kalau udah di isi (maksudnya isi makan).

Pas mau menuju mobil,

Suami: “Eh ada mesjid. Ashar aja dulu yuk.”
Saya :”Ntar aja kan masih setengah 4. Keburu lah insya allah.”
Saya udah pengen cepet nyampe rumah takut keburu ujan gede dan macet parah.

Well, ternyata gak sesuai harapan. Keluar dari bekasinya aja 1 jam broh. Si anak juga udah mulai bosen pengen kesana kemari. Huewir pokonamah jang!

Gak tau kenapa rasanya bete banget sampe ngomong gini ke suami.

“Lain kali kalau jauh mah gak usah dateng yank. Kirain gak jauh bener. Aku gak prepare dulu. Ni mahira kasian juga. Mana kayanya kita gak sempet solat ashar.”

Jahat banget ya ampun mulut sayah. Hiks…

Dengan tenang suami menanggapi,

“Iya bentar lagi nyampe ini.”

*Barijeung masih macet banget*

Udah hopeless gak kebagian ashar. Padahal aku yang keukeuh nerusin perjalanan pas suami ngajakin shalat dulu tadi. Duh… totally bad mood. Manyun sambil liatin jalan. Suami masih tenang aja sambil main sama Mahira karena Mahira udah mulai bosen banget, gak tau pengen apa.

Dan adzan maghrib berkumandang…
Beberapa menit kemudian sampailah kita di tempat tujuan. Aku turun sambil gendongin anak. Suami bayar uber dulu. Terburu-buru amat sih saya ini kaya yang udah gak sabar pengen turun sambil gak cek takut ada yang ketinggalan.
Pas udah masuk rumah,

“Yank, jam tangan aku dimasukin ke tas kamu?” tanya suami.
“Hah? Engga. Kenapa atuh dibuka-buka. Aku gak tau kamu bukajam tangan.”saya heboh dan panik sendiri padahal suaminya biasa aja.
“Oh yaudah lah.” katanya.
“Lagian kenapa sih buka-buka jam tangan, kan gelap gak keliatan tadi.”

Padahal dalam hati nyesel kenapa buru-buru gak cek ada barang gak di jok atau karpet mobil. Saking terburu-buru pengen cepet turun.

Aslik nyesel banget. Kasian suami aku karena kehilangan jam tangan, sekaligus kesel juga dia memaksakan kita ke undangan yang jaoooohh, daan kita gak sempet shalat ashar karena kemaghriban. Ya Allah, bener-bener hari ini nyebelin banget. Padahal diri saya kali yang nyebelin jadi semua terlihat suram.

Kebetean berlanjut sampai malam. Udah mau siap-siap tidur karena lelah, suami nyahut.

“Yank ini anaknya pup, ceboki dulu gih.”

Setelah dicebokin rupanya anakku ngantuk, jadinya langsung mimik sambil tidur. Tiba-tiba dia gigit lagi rasanya sakiiiit banget. Pas dilepasin malah nangis kenceng kaya dia ngerasa bersalah, di coba lagi tetep gigit dan nangis lagi begitu dilepasin. Hufh lelahnya. Akhirnya saya tahan aja pas dia gigit, gak kerasa air mata netes. Saking sakitnya digigit ditambah lelahnya hari ini bikin saya termehek-mehek. Eh pas saya nangis kok si anak malah diem, gak gigit lagi, dan akhirnya dia tertidur. Legaaa…

Sebelum tidur saya mikir kok saya kayak gak ngenalin diri saya sendiri hari ini. Emosian banget dan suram bener ngeliat semuanya. Tarik napas, keluarkan…. Saya pikir pasti hari ini ada hikmahnya. Sambil saya inget-inget rentetan kejadian hari ini, saya pun bergumam dalam hati....

Harusnya tadi itu nanya ke suami, jaraknya jauh banget apa gimana jadi bisa prepare dan kita bisa berangkat lebih awal. Harusnya mencoba menikmati perjalanan, anggap ajak kita lagi travelling bertiga menyusuri jalalan Jakarta-Bekasi. Harusnya tadi nurut aja shalat ashar dulu di mesjid sana biar tenang kan macetnya Ibu Kota tak terduga banget. Harusnya gak usah bilang gitu ke suami, bilang jangan kondangan kalau jauh padahal dulu juga kita pernah kondangan luar kota dan its okay ini cuma masalah preparation. Harusnya td bisa cek dulu barang sebelum turun uber, jangan kebawa emosi bete sampai hal yang biasa dilakukan jadi gak dilakukan. Ah yasudahlah tidak perlu ada yang harus disesali. Cukup introspeksi dan berusaha gak begitu lagi.

Udah ketebak karakternya mana yang kalem mana yang suka buru-buru. Hihihi…
Dari kejadian ini saya menyadari bahwa laki-laki dan perempuan itu dipasangkan untuk saling melengkapi, untuk menutupi kekurangan pasangannya, untuk tugas yang amat mulia. Sebagai perempuan yang lemah akal, ilmu dan hatinya, perlu dibimbing oleh laki-laki yaitu suaminya seperti misalnya tadi diingetin sholat atau di support biar selalu sabar dan tak lupa di doain. Begitu juga suami yang kadang cuek, kurang teliti masalah kecil, perlu diingatkan oleh perempuan sebagai istrinya, misalnya ya itu tadi harus cek bawaan atau barang ketika turun dari kendaraan umum takut ada yang ketinggalan. Tinggal keduanya saling memahami dan menghormati lalu melakukan apa yang seharusnya dilakukan tadi.

Nah tantangannya disitu. Terkadang ada rasa ego, ingin menang sendiri, ngerasa bener sendiri, ngerasa yang paling cape dan menderita, ngerasa gak diperhatiin (hahaha itu mah perempuan aja kali yak suka baperan). Anyway, rasanya semakin bersyukur dipertemukan dengan pasangan seperti suami saya yang selalu sabar menghadapi kelakuan saya, walaupun memang gak ada yang sempurna di dunia ini. Suami juga butuh kita untuk membuat hidupnya lebih bersemangat, lebih teratur atau lebih gak cuek barangkali. Pasangan suami-istri bener-bener saling melengkapi. Semoga dengan berbagai kejadian yang sudah dilewati sama-sama membuat kita lebih dewasa dan lebih percaya satu sama lain tentunya, selalu kompak dalam meraih ridho-Nya. Aamiin..

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment