Rumah mudah berantakan? Mungkin Anda terlalu banyak menimbun barang.


Pic source: vemale.com
 

Buku The Life-Changing Magic of Tidying-Up karya Marie Kondo ini sudah saya rampungkan beberapa waktu lalu. Mood untuk berbenah begitu menggebu dengan harapan supaya rumah saya tidak gampang berantakan. Emak satu ini memang suka agak pusing kalau rumah seperti kapal pecah yang mana hal ini diakibatkan penundaan-penundaan beberes yang berkepanjangan. Selain itu, betul kata Marie Kondo, barangkali kita terlalu banyak menumpuk barang sehingga sulit menentukan tempat untuk menyimpan yang pada akhirnya barang-barang tersebut bertebaran dilantai rumah atau ditempat yang tidak seharusnya.

Bukan hal mudah untuk menjaga kerapihan rumah bagi para ibu muda dengan balita atau bahkan beberapa balita di rumah. Fitrah mereka dalam bereksplorasi memang terjadi pada kurun waktu tersebut. Adalah hal yang patut dimaklumi jika sesekali keadaan rumah benar-benar tidak rapi tapi selalu ada cara kok untuk merapikannya bahkan mengajari mereka untuk merapikan ‘kekacauan’ di rumah.Tentu semua hal baru harus dimulai dari diri sendiri, baru menyentuk ranah orang lain. Apalagi bagi anak, teladan orangtua adalah segalanya.

Akhirnya, saya memutuskan untuk berbenah meski hal ini sudah diniatkan dari jauh-jauh hari. Dalam perjalanan berbenah dengan menganut metode Konmari ini sungguh lah tak mudah bagi saya. Disamping semua urusan domestik lebih banyak saya yang handle, karena suami memang sedang masa full bekerja bahkan weekend pun bisa masuk kantor, selain itu Mahira anak balita kami masih senang bermain-main dengan benda yang akan dibereskan. Proyek ini baru berhasil setelah melewati satu pekan. Ternyata rasanya lega luar biasa. Huahhh…

Banyak sekali barang-barang di rumah yang hanya disimpan lama sekali tanpai dipakai, bahkan ada beberapa baju yang masih disimpan padahal tidak pernah dipakai, alat masak yang sudah usang dan sudah tak layak pakai masih teronggok di dapur, kertas-kertas dokumen yang sudah tidak digunakan dan lain sebagainya.

Bagi yang ingin melakukan proyek beberes ala konmari ini sebaiknya memang membaca dulu bukunya karena penting sekali untuk mengetahui filosofi beberes ala Konmari ini. Terkadang tips and trik di internet hanya sekilas saja dibahas. Namun untuk tekniknya, kita memang bisa mendapatkan banyak ilmu seperti cara melipat pakaian atau item apa saja yang harus dibereskan dengan catatatn kita sudah membaca bukunya dan tahu filosofinya.

 
Pic source: Pinterest

Kenapa harus membaca bukunya terlebih dahulu?
Semangat kita akan mengempis saat kita mulai merasa jengah atau bosan dalam perjalanan berbenah. Jika kita hanya belajar teknik melipat pakaian, tanpa mengistirahatkan pakaian yang sudah saatnya berhenti pun tak akan mudah, lemari akan kembali berantakan jika kita belum memilah terlebih dahulu. Oleh karena itu saya sarankan untuk membaca bukunya sebelum memulai.

Marie kondo menyampaikan bahwa dengan mematuhi aturan beberes ala dirinya dan menyertakan intuisi kita dalam berbenah, semuanya akan terasa lebih mudah. Kita hanya perlu mengkhususkan satu waktu untuk beberes, dan tak perlu effort keras untuk berbenah  setiap hari lagi. Menggiurkan, bukan?
Ah saya juga tergiur dan so faar rumah tampak aman. Kekacauan berlangusng saat anak bereksplorasi itu tak apa. Semua akan mudah diatasi jika kita sudah beberes ala konmari ini sebelumnya.

Tiga prinsip dalam berbenah ala Konmari, menurut kesimpulan saya adalah :
1.       Tentukan barang yang membuatmu senang dan menimbulkan perasaan gembira (sparkjoy), ikhlaskan barang yang diluar itu.
2.       Pilih tempat untuk menyimpan barang-barang tersebut. Semua barang harus punya tempat agar kita mudah menyimpannya saat sudah digunakan.
3.       Hargai barang-barang sebagaimana ia hidup. Dengan begitu, kita akan merasakan kepuasaan setelah memakainya dan barang-barang tersebut lebih awet karena kita merawatnya.

Ada hal menakjubkan yang kita rasakan setelah berbenah, yakni mata menjadi lebih segar, pikiran pun menjadi jernih. Kita termotivasi untuk melakukan hal-hal bermanfaat lainnya yang bisa dikerjakan di rumah dalam keadaan rumah yang rapi, wangi dan bersih. Enjoy!


Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

0 comments:

Post a Comment