Resensi Buku 'Montessori Play and Learn'




Judul Buku: Montessori Play and Learn
Jenis Buku: Non-Fiksi (Parenting)
Nama Pengarang: Lesley Britton (Montessorian dan founder London Montessori Centre)
Penerjemah: Ade Kumalasari
Penyunting: Ranny Afandi dan Noni Rosliyani
Nama Penerbit: B First (Bentang Pustaka)
Tahun Cetak: 2017
Jumlah Halaman: 279
Harga Buku: 64.000
ISBN: 978-602-426-079-8   

Akhir-akhir ini seringkali kita mendengar istilah Montessori. Apa itu Montessori? Sebagian besar memahami Montessori sebagai bentuk aktivitas dan permainan di rumah yang melibatkan anak-anak usia dini. Akan tetapi sudahkah kita mengetahui lebih dalam filosofi dan kaidah metode Montessori tersebut dan apa yang dimaksud periode sensitif pada anak?

Ikhtisar
Buku ini hadir untuk mengajak para pembaca mengenal lebih jauh filosofi dan esensi metode Montessori serta mengenal lebih banyak berbagai penerapan motede Montessori di rumah dan lingkungan sekitar.

Maria Montessori sang penemu metode ini telah membuktikan kesuksesannya pada awal tahun 1900-an, hal ini dikarenakan Montessori adalah metode pendidikan yang dianggap bisa mengoptimalkan potensi anak berdasarkan pengalaman sendiri. Berbagai aktivitas dan permainan di dalamnya mampu memberi pengalaman belajar secara langsung pada anak, serta mengembangkan rasa percaya diri dan disiplin dalam diri anak.

Dalam buku ini ada berbagai ide dan permainan yang dapat di lakukan di rumah dan di luar rumah yang bisa dilakukan dengan alat-alat sederhana yang ada di sekitar kita terutama bagi anak-anak usia golden age (2-6 tahun). Mulai dari merencanakan rumah ramah anak, menjelajah lingkungan sekitar serta merangsang anak untuk mengenal dunia luas.


Kelebihan

Kelebihan dari buku ini adalah penulis cukup detail dalam menjelaskan esensi metode Montessori dan penerapannya yang disesuaikan dengan keadaan yang terjadi sehari-hari di rumah maupun di luar rumah. Untuk aktivitas tertentu, penulis membuat ilustrasi gambar dan langkah-langkah membuat permainan di dalamnya.

Sedikit kekurangannya dari buku ini adalah tidak full color sehingga terkesan kurang memanjakan mata. Selain itu, ada beberapa kalimat yang terasa janggal dan kurang sesuai EYD. Hal ini mungkin terjadi karena buku ini merupakan buku terjemahan yang diterbitkan dalam bahasa Inggris.


Terlepas dari semua kekurangan dan kelebihannya, buku Montessori Play and Learn ini sangat layak dibaca dan isinya dipraktikan oleh para ibu yang memiliki anak usia dini dan ingin mengembangkan potensi serta bakat anak sesuai fitrahnya. Buku ini menjadi referensi pelengkap bagi buku-buku tumbuh kembang anak usia dini.

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

2 comments:

  1. mau pinjem donk mom boleh? prakteknya udah kece dah mama mahira

    ReplyDelete
  2. Boleboleh mom ara..
    hihihi mudah2an konsisten. Beneran kudu ibunya yg konsisten dulu😁

    ReplyDelete